Latest Posts

Apa saja faktor penyebab penuaan dini?

By 20.11 ,

Apakah Anda mengalami penuaan dini? Apakah di kulit Anda mulai tampak garis-garis kerut halus? Penuaan dini disebabkan oleh dua faktor yaitu pertama faktor internal, seperti keturunan dan gormonal, kesehatan dan daya tahan, serta kejiwaan. Faktor internal merupakan proses alamiah yang tidak mungkin dihindari setiap manusia. Hal ini dapat juga dipicu oleh stres dan perubahan hormonal, dan faktor ini hanya dapat dikurangi efeknya, dengan cara perawatan wajah yang tepat, rutin dan lembut, mengurangi stres serta mencoba hidup santai. Faktor kedua penyebab penuaan dini adalah faktor eksternal. Beberapa faktor eksternal dapat Anda kendalikan, sehingga mengurangi proses penuaan dini pada kulit wajah Anda. Faktor eksternal tersebut adalah paparan sinar UV, radikal bebas, kelembaban udara, serta penggunaan kosmetik pada wajah.

Keturunan dan Hormonal 
www.mitoq.com

Pada beberapa kasus penuaan dini, ada juga orang yang mengalami masalah ini karena faktor keturunan (genetik) dan hormonal. Gen yang dibawah seseorang bisa membuat mereka lebih cepat tua dan ada juga yang membuat mereka bisa lebih awet muda. Beberapa vitamin dan asupan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan zat nutrisi lainnya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini akibat faktor keturunan tersebut.

Masalah penuaan dini juga bisa disebabkan karena seseorang kekurangan hormon estrogen. Pengaruh dan fungsi hormon estrogen terhadap kulit diantaranya: Meningkatkan pertumbuhan dan elastisitas serta sebagai pelumas sel jaringan (kulit, saluran kemih, vagina, dan pembuluh darah). Estrogen juga mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit, mempertahankan struktur normal kulit agar tetap lentur, menjaga kolagen kulit agar terpelihara dan kencang serta mampu menahan air. Serta mengatur pola distribusi lemak di bawah kulit sehingga membentuk tubuh wanita lebih feminim. Untuk mendapatkan kulit yang awet muda, maka rajin-rajinlah Anda mengkonsumsi produk dari bahan kacang-kacangan (tahu, tempe, susu kacang kedelai) yang merupakan sumber estrogen alami.

Stres dan penuaan dini
www.dermapproved.com

Hormon stres akan meningkat pada wanita yang terlalu banyak pikiran, kurang tidur (kurang istirahat), dan terlalu sibuk bekerja. Peningkatan kadar kortisol (hormon stres) pada kulit yang berakibat timbulnya penuuan dini berasal dari 3 mekanisme ini. Yang pertama hormone kortisol yang meningkat membuat terjadinya peningkatan kadar gula pada darah. Kelebihan jumlah molekul gula dalam darah ini dapat merusak kolagen kulit yang membuat kulit menjadi kendur, keriput, dan timbul banyak kerutan.

Mekanisme kedua yang diakibatkan dari peningkatan kadar hormon kortisol adalah gangguan pada peredaran darah kulit. Karena peredaran darah terganggu, maka aliran oksigen dan nutrisi yang diperlukan kulit juga akan terhambat. Hal ini tentu saja dapat mengganggu elastisitas kulit, membuat kulit jadi kendur (tidak kencang), keriput, dan kasar.

Peningkatan hormon kortisol juga akan membuat kulit kehilangan kemampuan menahan air. Ini adalah mekanisme ketiga sebagai akibat dari peningkatan hormon kortisol. Akibatnya, kelembaban kulit jadi berkurang, dan kulit menjadi kering.

Daya Tahan Tubuh dan Kesehatan 
www.3healthychicks.com

Kesehatan dan daya tahan tubuh ini berkaitan erat dengan gaya hidup sehat dan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kita melakukan olahraga secara teratur seperti jogging, senam, dan berenang minimal 3 kali dalam seminggu. Tentu akan sangat membantu dalam melancarkan aliran darah sehingga berdampak pada asupan oksigen dan penyerapan nutrisi pada sel-sel tubuh dapat jauh lebih baik, sehingga hal ini sangat berperan dalam pembentukan sel-sel kulit yang baru.

Begitupun saat kita kekurangan asupan vitamin, misalnya saja vitamin C, tentu selain daya tahan tubuh kita berkurang, kesehatan kulitpun akan terganggu. Kenapa demikian? Karena vitamin C sangat berguna dalam merangsang dan meningkatkan produksi kolagen kulit dengan cara meningkatkan kemampuan perkembangbiakan sel fibroblast tua dermis. Apabila produksi kolagen menurun seiring dengan kekurangan vitamin C dan nutrisi yang lain, dampaknya adalah meningkatnya proses “kulit kering” yang akan mengganggu elastisitas kulit tersebut.

Paparan Sinar Matahari (UV) 

www.lochravenrevelation.com

Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang mengalami penuaan dini. Paparan radiasi ultraviolet yang berlebihan yang terdapat pada sinar matahari, dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat munculnya enzim proteolisis dari radikal bebas yang terbentuk. Enzim ini selanjutnya memecahkan kolagen serta jaringan elastin penghubung di bawah kulit dermis. Kolagen dan elastin ini merupakan jaringan pada kulit dermis yang bertanggung jawab terhadap kekuatan dan elastisitas kulit.

Sinar matahari juga berpengaruh terhadap produksi melanin dalam kulit Anda. Ketika sinar UV membakar kulit dalam, organ manusia akan memproduksi lebih banyak pigmen melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Pigmen tersebut sebenarnya bekerja untuk menyerap radiasi dan melindungi sel dari kerusakan.

Anda harus menghindari sengatan sinar matahari secara langsung ketika sinar ultraviolet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka dengan SPF tertinggi.

Radikal Bebas yang Berbahaya
www.blogs.telegraph.co.uk

Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, asap rokok, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia (kaporit), perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen.

Sayur-sayuran dan buah segar merupakan antioksidan alami dan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Memperbanyak minum teh hijau juga dapat menjadi salah satu solusi karena banyak mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang juga sangat efektif dalam membantu memerangi radikal bebas.

Kelembaban Udara dan Kulit Kering
www.fashionhealthbeauty.com

Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi Anda yang tinggal di daerah tropis yang terkenal memiliki kelembaban udara tidak stabil seperti di Indonesia adalah dengan cara menggunakan pelembab yang bisa memertahankan kadar air di dalam kulit. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air. Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari minyak zaitun, karena minyak zaitun bersifat menjaga kelembaban dan menjaga kelenturan kulit (terutama bagi kulit yang kering).

Dengan sering minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari juga dapat menjaga kelembaban alami pada kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini dan juga keriput. Air putih mengandung mineral yamg juga bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Jangan lupa pula untuk mengurangi kopi dan softdrink karena jenis minuman ini akan membuat tubuh lebih mudah dehidrasi sehingga berpengaruh pada kelembaban kulit.

Penggunaan Kosmetik yang Berlebihan


www.cosmeticdesigngroup.com


S
ebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa wajah yang jarang dipoles make-up justru tampak lebih awet muda beberapa tahun yang akan datang. Logikanya, semakin tidak tersentuh makeup, kulit makin mudah bernapas dan meregenerasi. Bahkan para ahli kecantikan menyarankan agar wanita benar-benar terbebas dari makeup setidaknya dua hari dalam seminggu. Hal ini karena kandungan bahan kimia dalam kosmetik cenderung menumpuk di pori-pori dan perlahan dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit. Karena itulah, kulit butuh waktu untuk bebas dari makeup apapun, setidaknya 2 hari dalam seminggu.

You Might Also Like

0 komentar