Latest Posts

Komedo, whitehead, blackhead, apa bedanya?

By 01.52 ,

Banyak orang menyebutkan komedo untuk kelainan kulit berupa tonjolan-tonjolan halus yang terdapat di wajah. Sebenarnya yang disebut komedo dapat terbagi menjadi 2 golongan, whiteheads dan blackhead. Blackhead disebut komedo terbuka, dan whiteheads disebut komedo tertutup. Komedo muncul ketika pori-pori tersumbat dengan zat berminyak yang disebut sebum, yang merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di kulit.

 
www.beautyjunkees.com

Apa itu blackhead?

Komedo terdiri dari penumpukan sebum, sel kulit mati, dan bakteri. Blackhead yang merupakan komedo terbuka memiliki kontak langsung dengan udara yang menyebabkan sebum teroksidasi dan muncul warna gelap pada sisi yang terpapar udara. Jadi anggapan bahwa blackhead memberi warna gelap oleh karena kotoran yang menumpuk itu salah. Mungkin ada kotoran, tapi itu tidak memberikan warna gelap. Blackhead yang paling umum terdapat di hidung. Namun, Anda juga dapat melihat blackhead di pipi, dagu, dahi, dan bahkan di dalam telinga. Mereka juga muncul pada tubuh, seperti dada dan punggung.

Apa itu whitehead?

Whiteheads atau komedo tertutup memiliki lapisan tipis sel di atas mereka yang menghalangi kontak dengan udara yang mencegah oksidasi sebum. Hal ini menyebabkan benjolan putih kecil tampak diatas kulit.

Apakah whitehead sama dengan milia?

Whitehead berbeda dengan milia. Milia adalah istilah untuk benjolan berwarna putih mutiara kecil di bawah kulit. Milia adalah massa (sel kulit mati terjebak) keratin yang terletak di bawah permukaan kulit. Milia tidak dapat diekstraksi. Satu-satunya cara untuk menghapus milia adalah dengan pengelupasan kulit atau eksisi.

 
www.blackheads.com

Lalu apa yang harus saya lakukan?

1.  Jika Anda rentan terhadap komedo, pastikan Anda memiliki beberapa produk yang bekerja dengan cara pengelupasan lapisan kulit paling atas. Anda bisa menggunakan oatmeal dan dicampur dengan organic oil yang Anda miliki. Oatmeal adalah salah satu exfoliator fisik yang terbaik, dimana penggunaan oatmeal sebagai bahan untuk pengelupasan akan disertai dengan penyeimbangan sebum (minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea kulit kita) sehingga juga bermanfaat untuk menanggulangi kulit berminyak atau kulit berjerawat. Efek eksfoliasinya juga membuat warna kulit lebih merata. Silahkan Anda lakukan eksfoliasi minimal setiap 2 minggu sekali.
2.  Pastikan Anda membersihkan kulit dengan benar - seperti dengan menggunakan organic cleansing oil - dan lakukan pemijatan ringan (jangan digosok terlalu kasar) disekitar hidung atau tempat lain dengan masalah komedo. Organic cleansing oil ini akan bekerja secara simultan dengan sebum, dan mengangkat kotoran yang terdapat di wajah sekaligus mengembalikan minyak alami kulit wajah.
3.  Cek produk perawatan kulit Anda, baca labelnya, dan hindari produk yang menggunakan bahan komedogenik.


You Might Also Like

0 komentar