Latest Posts

Tips menggunakan kosmetika organik

By 03.51 ,

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan produk kecantikan organik agar memberikan hasil maksimal, yaitu:
Ketahui dahulu problem wajah 
Pilihlah kosmetik organik yang tepat sesuai dengan problem wajah. Problem wajah disini adalah problem wajah utama yang ingin Anda perbaiki. Silahkan cek wajah Anda, apakah kulit Anda mudah berjerawat, kulit wajah yang bernoda, kulit yang sensitif, atau kulit dengan garis keriput halus. Bila wajah Anda memang tidak membutuhkan produk kecantikan apa pun, hindari penggunaan kosmetika yang berlebihan.
Lakukan test kulit terlebih dahulu
Jangan langsung menggunakan produk kecantikan organik tanpa melakukan test kulit terlebih dahulu. Beberapa jenis oil - apalagi essential oil - banyak yang mengiritasi kulit Anda. Sebaiknya coba oleskan sedikit di belakang daun telinga atau di lipatan tangan bagian dalam, tunggu 24 jam, kemudian lihat apakah ada kemerahan atau gatal-gatal pada lokasi test. Bila tidak ada, berarti Anda boleh menggunakan produk tersebut pada kulit wajah Anda.
Pilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit
Jika memiliki kulit berminyak, cari produk khusus untuk kulit berminyak. Begitu pula bila memiliki kulit normal atau cenderung kering. Pastikan produk yang kita gunakan benar-benar sesuai dengan jenis kulit kita. Seperti misalnya wajah yang sering berkomedo, maka sesuaikan penggunaan bahan-bahan produk yang tidak komedogenik.
Baca label kosmetik
Teliti bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetik yang dibeli. Dengan membaca label produk tersebut, kita mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk formulasi produk tersebut. Apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak. Apakah benar-benar organik atau tidak. Bila produk tersebut tidak ada daftar bahannya maka hindarilah.
Sederhana dan tidak terlalu banyak
Penggunaan kosmetik yang berlebihan tidak menjamin kosmetika tersebut baik untuk kulit wajah Anda. Bila terlalu banyak dan berlebihan, maka wajah Anda tidak bisa "bernafas" dan produk tersebut malah akan membebani kulit wajah Anda. Cobalah untuk menyederhanakannya. Bahan-bahan untuk merawat kulit sudah tersedia di alam, oleh karena itu silahkan Anda berpegang teguh dengan prinsip minimalis dan mulai menggunakan bahan-bahan organik tanpa perlu membebani kulit dengan bahan kimia sintetik.
Pilih kemasan yang kecil, gelap, dan kontak sesedikit mungkin dengan udara
Karena beberapa kosmetika organik tidak menggunakan bahan pengawet sintetik - seperti produk saya -, maka kosmetika organik biasanya akan cepat menjadi rusak. Beberapa bahan hanya dapat bertahan 6 bulan (seperti aloe vera oil), dan beberapa bahan lainnya dapat bertahan 5 tahun (seperti castor oil). Oleh karena itu, gunakan kosmetika organik dengan kemasan kecil agar cepat habis, serta kemasan yang gelap dan dengan kontak sesedikit mungkin dengan cahaya dan udara untuk mencegah oksidasi bahan organik tersebut. Warna kemasan yang bening menyebabkan bahan mudah teroksidasi oleh sinar matahari -seperti misalnya produk dengan vitamin c- sehingga bahan aktif yang terdapat di dalam kosmetik tersebut sudah tidak berguna lagi. Pot dengan bibir lebar menyebabkan kosmetik mudah terpapar dengan udara dan mungkin sedikit air saat kita mengambil sedikit kosmetik tersebut, sehingga kosmetik yang Anda gunakan menjadi cepat tengik (tanda ada pertumbuhan kuman) dan dapat kadaluarsa sebelum waktunya. Mulai sekarang, pilih kemasan yang berbentuk botol atau tube berwarna gelap, dan hindari kemasan dengan pot atau wadah terbuka!
www.mynaturalbliss.com

You Might Also Like

0 komentar